Tips Merawat Flashdisk

Sekarang flashdisk sudah merupakan barang yang menjamur..Dari kalangan profesional bahkan sampai anak sekolah pun sudah pada punya barang yang satu ini.  Di samping kecil dan fleksible, ukurannya pun sudah ada yang sampai 8 GB, soalnya yang hardisk saja udah ke orde Tera..

Tetapi mengingat barangnya kecil dan riskan, maka perlu ada cara untuk merawatnya.. Berikut ini merupakan tips yang saya peroleh melalui pengalaman-pengalaman saya yang sudah menghabiskan sekitar 2 flashdisk saya akibat coba-coba.. he he he …

  1. Jangan asal masukin n lepasin flashdisk sembarangan. Ibarat barang yang satu ini kaya “flashdisk pribadi” kita (bagi yang laki-laki nih..) jangan dimasukkan ke “USB port” yang tidak jelas riwayat kesehatannya. Takutnya ketularan virus.
  2. Pastikan sebelum masuk ke komputer, cek dulu komputernya sehat atau tidak, trus scan saja flashdisknya kalo-kalo ada virusnya juga. Kalo yakin dah aman, tinggal tancepin.. Lebih aman lagi kalo pilih port USB yang belakang (gak tau nih, saya sering trouble kalo pake yang depan).. Tunggu sampe komputernya nge-autorun flashdisknya (biasanya…)
  3. Kalo dah bisa nancepin, trus harus bisa nglepasin dong.. Lepaskan flashdisk setelah Anda pastikan telah di-eject/di-safely remove hardware melalui ikon yang terdapat di taskbar pojok kanan bawah (biasanya berwarna panah ijo̷ ;)
  4. Sebaiknya flashdisk tidak diletakkan di atas televisi, monitor, speaker aktif, atau barang-barang yang medan magnet dan medan listriknya sangat kuat. Labih riskan lagi ditempeli magnet )
  5. Jangan sekali-kali dicelupkan ke air..(tentu saja tau..) Yah minimal jangan sampai kena air deh.. Kecuali flashdisknya tahan (kedap) air.
  6. Hindari flashdisk dari benturan terutama pada benda-benda keras misalnya jatuh kena lantai, terinjak-injak, atau tertimpa benda keras.
  7. Jagalah kebersihan flashdisk terutama tutupnya.
  8. Pakailah tali penggantung biar gak mudah hilang atau jatuh..
  9. Selanjutnya terserah Anda, mau ngapain..
  10. Enak kan?

Have a nice flashdisk..

Ditulis dalam Teknologi, TIK. 5 Comments »

5 Tanggapan to “Tips Merawat Flashdisk”

  1. MT Says:

    saya kasih tambahan tips neh. untuk lebih meminimalkan komputer dan flashdisk dari gangguan virus, sebaiknya fitur autorun dinonaktifkan dgn jalan lewat regedit. caranya bagaimana, nanti saya tambahkan, atau mungkin kangmas suryo sndiri yg bisa menambahkan.
    oiya,klo fitur autorun sdh dinonaktifkan, maka untuk memutar vcd/dvd ketika menginstal program atau hal lain yg kaitana dgn VCD ROM/DVD ROM, otomatis harus manual. trims.

  2. Hyuda Says:

    Aah?? Mas ray suryo?? Pakar telematika??
    Gimana kabarnya? Ada kasus f0t0 mesum apa lagi??

    Saya bukan pakar telematika, tapi cuman guru fisika biasa…Tuh foto hewan telanjang buanyak 😀

  3. ajib Says:

    Selamat menjadi CPNS, semoga menjadi berkah untuk diri, keluarga dan masyarakat

    Aaamiiin, makasih pak ajib atas doanya… Semoga berkah…

  4. Adil Widodo Says:

    selamat ya, semoga berkah dan senantiasa terkabul apa yang diinginkan. Jangan lupa dengan kami kami yang ada di sini. terutama saya, karena saya masih ingin menyerap ilmunya.

    Wassalam,
    Adil Sekeluarga.

    • Suryo Says:

      Aaaaamiiinn… Terima kasih pak adil, mohon doa restunya semoga semuanya lancar dan diberi kemudahan dan keberkahan dari Allah swt… Insya Allah tali silaturahim tetap kita jaga…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: