Ujian Nasional yang Menguntungkan

Hari ini Selasa, 22 April 2008.. Tadi pagi saya menjadi pengawas ruangan Ujian Nasional di salah satu sekolah swasta di Semarang. Iseng-iseng nggak ada kerjaan setelah ngisi berita acara dan mengedarkan daftar hadir mendingan mikirkan siapa aja sih yang diuntungkan dengan adanya Ujian Nasional alias UN ini. Habis selama ini, UN dianggap selalu merugikan, sesekali dong kita mencoba berpikir positif..

1. Murid/Siswa

Siswa akan diuntungkan dengan adanya pelajaran tambahan. Uang saku pun bertambah wajahpun menjadi cerah. Dengan adanya pelajaran tambahan, siswa diuntungkan tidak usah ikut les di luar sekolah yang biayanya luar biasa dahsyatnya. mendingan dipake makan malah kenyang.

2. Guru

Meskipun berangkat mulai jam ke – 0 dan pulang setelah jam ke-9, tentu saja ada penghasilan tambahan buat kepulan asap dapur. Semua yang dilakukan seolah terpuaskan dengan adanya penghargaan tersebut. (maaf, bukannya mengganggap semua guru itu mata duitan :), just positive thinking aza koq..)

3. Pemilik kantin/warung sekolah dan sejenisnya

Untuk belajar tentunya dibutuhkan energi yang banyak. Energi manusia kan hanya diperoleh melalui makanan. Banyak mikir tentunya cepet lapar. Kalo laparnya cepet, tentunya harus makan, dan kalo makan yang terdekat ya di kantin sekolah.. Semakin banyak lapar ya semakin banyak makan. So dapat dipastikan berapa kali lipat keuntungan yang dimiliki oleh kantin sekolah.. Ini yang dinamakan pemberdayaan usaha kecil menengah (ke bawah bisa ke atas juga bisa).

3. Toko alat tulis

Ketika tryout atau ujian, siswa biasanya butuh pensil 2B dan penghapus, malahan yang siswa rajin beli peraut pensil, cutter, dan penggaris sekalian. Dengan adanya permintaan kebutuhan ini, omzet toko alat tulis bisa dipastikan naik. Untung kan???

4. Counter HP/pulsa

Karena pulang agak sore dan  kadang tidak pasti, tentunya perlu menghubungi orang tua. Ketika pulsa habis. counter HP pastilah jadi tujuan: BELI PULSA..

5. Ustadz/Kyai

Saking inginnya lulus, cara ruhaniah pun dilakukan dengan cara meminta doa khusus dan mujarab dari ustadz maupun kyai, istighotsah, dan lain-lain. Dengan adanya cara ini, kyai atau ustadz pun mendapatkan pahala yang luar biasa bisa menolong orang lain.

6. MAsih banyak lagi…

Ternyata Ujian NAsional selain merugikan (kata orang …) juga menguntungkan banyak pihak. Tentu saja tulisan ini hanya sebagai intermezo just kidding daripada memikirkan UN ditiadakan apa tidak. Menurut saya lebih baik diadakan dan dibenahi lebih baik lagi. Kapan lagi kita memperhatikan pendidikan di negeri ini?

2 Tanggapan to “Ujian Nasional yang Menguntungkan”

  1. seiryohamaguchi Says:

    Sebelumnya salam kenal Pa Guru 🙂

    semua yang pa guru bilang bner banget he… tapi dari beberapa item diatas saya ada pertanyaan pa!?

    1. Memang benar pasti sebelum UN ada les tambah tapi setelah saya survei dari beberapa anak sekolah kadang mereka enggan malez jd gmn cara ngatasinya pa guru??

    Lam kenal balik.. Emang tidak semua anak sekolah suka dengan adanya les tambahan, tapi jika dilihat dari kacamata positif sebenarnya menguntungkan karena tidak perlu biaya untuk les di luar sekolah.. Agar siswa senang dengan les tambahan perlu dukungan dari beberapa pihak, misal dukungan orang tua, trus ada niat dan positive thinking dari siswa itu sendiri, trus guru-gurunya tidak monoton serta memberi motivasi yang menyenangkan donk..Insya Allah, kita bisa LULUS..

  2. Suhadinet Says:

    Setuju..setuju..setuju!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: