Rintisan Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA

Mendengar kata PSB pada surat TOT yang dikirim mba’ Hanny, yang terlintas kali pertama di otak saya adalah penerimaan siswa baru, trus saya tanyakan lagi pada teman saya, katanya pembangunan sekolah baru. Tapi setelah saya baca dengan benar dan teliti barulah mulut saya membentuk bulatan sambil mengeluarkan bunyi OOoooo…. Ternyata eh ternyata PSB adalah Pusat Sumber Belajar. Oalah dasar orang gak gaul blash.. Cerita lengkapnya sebagai berikut

Pada era informasi dan komunikasi saat ini, kendala lokasi dan komunikasi tidak bisa lagi dijadikan alasan/kendala untuk tidak segera bangkit mempercepat pencapaian pendidikan yang bermutu. Teknologi informasi telah menyediakan perangkat keras dan perangkat lunak dalam bentuk komputer yang dapat membantu guru menyiapkan dan menyajikan pembelajaran lebih tepat, cepat, dan menyenangkan. Teknologi komunikasi telah menyediakan sarana bagi sekolah di seluruh Indonesia untuk saling berbagi dan memberi satu dengan lainnya secara cepat melalui fasilitas internet. Pemanfaatan teknologi tersebut di sekolah perlu dipercepat, didorong, difasilitasi dan diperluas hingga menjangkau seluruh sekolah dipelosok tanah air. Guna memfasilitasi kondisi tersebut, Dit. Pembinaan SMA telah menetapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai ikon peningkatan mutu pendidikan di SMA. Sejak tahun 2003, Dit. Pembinaan SMA telah merintis pengembangan TIK di sejumlah sekolah melalui program bantuan pengembangan perangkat komputer, lomba bahan ajar berbasis TIK, peningkatan kemampuan guru dalam pengembangan bahan ajar dan bahan ujian berbasis TIK, dan supervisi serta IHT pengembangan TIK di sekolah.
Berdasarkan pengamatan lapangan, laporan sekolah dan hasil supervisi pengembangan bahan ajar dan bahan ujian berbasis TIK yang telah dilaksanakan sejak tahun 2005 di sejumlah sekolah yang mengikuti program pengembangan dimaksud, diperoleh gambaran umum bahwa kemauan dan kemampuan guru SMA untuk memanfaatkan TIK sangat tinggi. Salah satu Indikatornya adalah sekolah secara mandiri terus memperluas jumlah dan meningkatkan kemampuan guru dibidang TIK, menambah fasilitas, mengembangkan bahan ajar berbasis TIK, dan membangun situs (website sekolah). Namun demikian masih ditemukan berbagai permasalahan pemanfaatan TIK di sekolah khususnya dalam pengembangan website sebagai sarana komunikasi dan sumber belajar diantaranya adalah:
1.    Konsep dan agenda program belum tersosialisasikan dengan baik dan program belum mendapat porsi penting.
2.    Tenaga yang telah dilatih dalam bidang TIK belum termanfaatkan secara optimal.
3.    Desain web dan pengelolaannya tidak dikerjakan secara profesional.
4.    Bahan ajar dan bahan ujian berbasis TIK yang telah dihasilkan guru melalui kegiatan Workshop belum dilakukan updating secara kontinyu, di satu sisi nyawa dari sebuah situs e’Learning adalah bahan ajar yang dinamis baik dari segi subastansi maupun tampilan.
5.    Guru dan praktisi yang memiliki kemampuan mengembangkan bahan ajar berbasis TIK belum termotivasi untuk berkontribusi dalam mengisi substansi website yang tersedia secara kontinyu.
6.    Belum ada penghargaan, income atau side effect dari keaktifan mengelola dan mengembangkan bahan ajar berbasis TIK.

Dilain pihak, para guru dalam berbagai kesempatan baik melalui telpon, sms, email, surat dan usulan lisan sangat menghendaki adanya keberadaan forum komunitas TIK seluruh guru mata pelajaran di SMA melalui website. Harapannya melalui website dapat terbangun saling tukar informasi, pengalaman, masalah, bahan ajar dan sebagainya bagi semua guru mata pelajaran. Mempertimbangkan potensi dan kemauan sekolah, dan semangat para guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMA melalui wahana TIK tersebut, maka Dit. Pembinaan SMA perlu menghimpun potensi yang dimiliki sekolah dan para guru tersebut dengan memfasilitasi pengembangan Pusat Sumber Belajar (PSB)/Learning Resource Center (LRC) secara nasional, antara lain melalui pembelajaran berbasis web (Web Based Learning/WBL).

Pusat Sumber Belajar tersebut sekarang masih diujicoba sudah hampir ramai dikunjungi. Silahkan kunjungi psb-psma.org. (makasih pak budi… 🙂 )   SEMANGAT PAGI dan Tetap SEMANGAT…. !!!

8 Tanggapan to “Rintisan Pusat Sumber Belajar (PSB) SMA”

  1. nahdi Says:

    hahahahaaa . . .

  2. masluh Says:

    Iya mas…
    Oh ya lam kenal dulu

    Sbenarnya sih pendidikan yang ada
    jangan hanya terpatok pada satu Sistem operasi saja
    (maaf… bukan maksud menjelekkan microsoft)
    Buktinya…

    Pelajar kita sudah siap untuk Go Open Source

    Kenapa Teachernya belom siap?

    Qta lagi ngusahain guru-gurunya minimal bisa melek IT bang…Dan saya menganjurkan guru-guru sebangsa dan setanah air untuk mendukung itu semua.. Go ICT.. and Go Open Source…

  3. masluh Says:

    Iya mas…
    Oh ya lam kenal dulu

    Sbenarnya sih pendidikan yang ada
    jangan hanya terpatok pada satu Sistem operasi saja
    (maaf… bukan maksud menjelekkan microsoft)
    Buktinya…

    Pelajar kita sudah siap untuk Go Open Source

    Kenapa Teachernya belom siap?

    Makasih

  4. Margo SMAN 1 Pare Says:

    Semangat pagi…
    Salam sejahtera bagi kita semua.

    untuk situs PSB baru visit http://psb-psma.net, memang yang lama psb-psma.net tidak aktif lg.

    Guru2 di SMAN 1 Pare ada beberapa yg sdh siap BABU nya untuk di Send terutama MP yg d NAS kan, Mohon dukungannya.. OK

  5. Budi Prasetya Says:

    Mas Ray….
    Link untuk pusat sumber belajar SMA mohon diperbahurui menjadi http://www.psb-psma.org.

    Terima kasih dan….

    SEMANGATTTTT PAGGGIIIIII

    Udagh pak Budi… SEMANGAT PAGIIII!!!

  6. MariaNa Says:

    Cuma mau bilang……SemangaT paGi…

    heheheehhe….

  7. edyp Says:

    ok tetap semangat pagi … dan terus berjuang ok


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: